Lebih Tau, Lebih Cerdas, Berpikir Lebih Ilmiah..!!

Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu, itulah permulaan ilmu..!! Lebih Tau, Lebih Cerdas, Berpikir Lebih Ilmiah..!

Selasa, 28 April 2015

Kenapa Rambut Dan Kuku Tidak Sakit Ketika Di Potong?


Bismillahirrohmannirrohiim
Assalamualaikum Wr. Wb.

Hay Guys, ngemeng-ngemeng soal rambut dan kuku ternyata ada hal yang selama ini hampir tidak pernah kita sadari. Apa hayoo..? ^.^
Ternyata dari semua bagian tubuh manusia hanya rambut dan kuku yang tidak sakit ketika dipotong, Subhanalloooh it’s so amazing..! Bayangkan saja kalau seandainya ketika kita memotong kuku dan rambut terasa sakit atau berdarah pasti takkan  ada yang mau potong rambut/kuku, yang lebih parahnya lagi kalau tidak dipotong-potong maka akan sepanjang apa yah rambut dan kuku kita..? weh weh weh kita bisa jadi saingannya “tante Kunti.....” neehh,, hihihihi werkewer tatuuut.. ^_^
Fakta Tentang Rambut
Jutaan rambut menutupi tubuh, termasuk lebih dari 100.000 helai yang menutupi kepala kita. Rambut dikepala mengurai pengeluaran panas dari kepala dan melindunginya dari sinar matahari yang berbahaya. Ada dua tipe rambut. Pertama adalah rambut halus, yang menutupi tubuh. Kedua adalah rambut yang lebih kasar, yang tumbuh di kulit kepala dan disekitar wajah pria. Rambut tumbuh dari lubang-lubang dalam dermis yang disebut folikel. Sel-sel rambut merupakan sel mati dan berisi protein keras yang disebut keratin. Rambut kepala tumbuh sekitar 1 cm setiap bulan, dan warna rambut bergantung pada kadar pigmen melanin.
Fakta Tentang Kuku
Kuku menutupi dan melindungi ujung jari tangan dan kaki yang sensitif. Kuku bermanfaat untuk ‘menggaruk’ dan membantu kita saat mengambil benda-benda kecil. Setiap kuku terdiri dari : Ujung, bagian yang dipotong; badan kuku, bagian utama yang berwarna kemerahan; dan akar kuku, yang tertanam di kulit dibawah kutikula. Kuku tumbuh sekitar 5 milimeter setiap bulan. Pertumbuhan kuku lebih lambat di musim dingin daripada dimusim panas; dan lebih cepat ditangan yang dominan. 
Kenapa Rambut dan Kuku Dipotong Tidak Sakit?


Rambut dan kuku itu sebenarnya adalah modifikasi dari salah satu bentuk kulit. Namun bedanya di dalam helai rambut maupun kuku tidak terdapat syaraf yang dialiri oleh pembuluh darah. Sehingga setiap rambut kita rontok atau kita memotong  rambut/kuku tidak akan terasa sakit sebab tidak ada saraf yang terluka dan tidak berdarah karena tidak dialiri oleh pembuluh darah.
Jadi, Sel-sel rambut dan kuku merupakan sel mati ya guyss...! sel-sel mati pada rambut mengandung protein keras yang disebut keratin sedangkan sel-sel mati pada kuku  mengandung semacam polisakarida yang disebut dengan kitin. Jadi ketika rambut dan kuku dipotong tidak akan menimbulkan rasa sakit. Ini merupakan bukti bahwa rambut dan kuku merupakan sel-sel mati.

Jika Sel-Sel Rambut Dan Kuku Merupakan Sel Mati, Kenapa Rambut Dan Kuku Bisa Bertambah Panjang?

Rambut tumbuh dari lubang-lubang dalam dermis yang disebut folikel. Sel-sel folikel pada kulit kepala ini merupakan sel hidup yang terus membelah dan mendorong batang rambut naik. Sehingga rambut terus bertambah panjang.
Penyebab kuku terus tumbuh adalah karena pangkal kuku yang ditutupi oleh kulit masih merupakan sel-sel hidup yang terus menerus melakukan pembelahan dan mendorong kuku keluar sehingga kuku terus bertambah panjang.
Okey, sekian penjelasannya. Jadi sudah tau yah guys kenapa rambut dan kuku tidak sakit ketika dipotong. ^_^
Hal tersebut merupakan salah satu bukti ketelitian dan kesempurnaa Allah SWT. dalam menciptakan makhluk hidup. Dan Alhamdulillah hal tersebut dapat dijelaskan secara ilmiah tentu atas ijin-Nya juga. Allahuakbar...!! ^_^
Wassalamualaikum Wr. Wb.
*Diolah dari berbagai sumber
Info menarik lainnya di:
http://ismaipm.blogspot.com 

Tidak ada komentar: